Cara Mudah Membedakan Burung Beo Jantan dengan Betina

Burung yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi kan sobat kicau burung. Karena banyak di Indonesia bahkan di sekitar tempat tinggal kita.

Karena banyak sekali yang memelihara jenis burung ini. Burung beo termasuk hewan yang pintar sehingga tak heran jika jenis burung ini banyak dipelihara. 

Burung beo juga dikenal dengan harga yang mahal karena kecantikan warna bulunya. Namun bagaimana cara membedakan burung beo jantan. Yuk disimak untuk kamu yang baru mempelajari burung beo.

Berikut cara membedakan burung beo jantan.

1. Postur tubuh

Umumnya beo jantan memiliki bentuk tubuh atau postur yang lebih besar dari betinanya. Karena tubuhnya lebih besar beo jantan juga memiliki bobot tubuh yang lebih berat dari betina.

2. Bentuk kepala

Selanjutnya bisa dilihat dari bentuk kepalanya. Beo jantan memiliki bentuk yang lebih besar dan juga terdapat lengkungan sudut yang hampir mirip dengan sudut siku-siku. 

3. Paruh 

Bentuk paruh beo jantan terlihat lebih besar, pendek dan sangat kuat. Sedangkan untuk beo betina paruhnya panjang dan terlihat lebih ramping. Biasanya akan lebih tampak dari depan.

4. Jengger

Perbedaan lainnya ada pada jenggernya. Untuk jengger beo jantan berwarna kuning dan lebih gelap dari betina. Sedangkan betinanya lebih cerah dan berbentuk segitiga sempurna. 

5. Mata 

Sebelumnya dibahas bahwa burung beo memiliki kepala lebih besar. Oleh karena itu matanya juga lebih besar dan bulat dibanding betinanya. Menyesuaikan bentuk kepala, beo betina memiliki mata yang bulat namun lebih kecil. 

Setelah melihat ciri-ciri di atas, apakah kamu sudah bisa membedakan keduanya.

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    Glowingthedark

    Kamis, 18 November 2021 | 16:46 WIB

    pelihara beo deh seru, rumah jadi rame

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    CapBadak

    Kamis, 18 November 2021 | 17:12 WIB

    nais info