Jangan Keliru! Ini Beda Hewan Beracun dan Berbisa

Memelihara hewan memanglah menyenangkan, banyak pilihan yang bisa kamu pilih untuk dipelihara. Mulai dari hewan yang imut seperti kucing, hamster, kelinci hingga hewan reptil seperti ular, bunglon juga iguana. 

Tak jarang juga banyak memelihara hewan yang berbisa bahkan beracun. Biasanya hewan berbisa ada pada reptil dan hewan beracun ada pada amfibi dan juga lainnya. 

Namun apakah kamu sudah bisa membedakan apa sih hewan berbisa dengan hewan beracun. Adakah bedanya? 

Dua istilah beracun dan berbisa memang sering disalah artikan. Bahkan banyak yang mengira beracun dan berbisa itu sama dan ada pada ular. Namun ternyata tidak seperti itu lho. 

Istilah berbisa memiliki arti suatu organisme yang melakukan serangan maupun melakukan pertahanan diri dengan cara menggigit ataupun menyengat dan dengan sengaja menyuntikan racun mereka. 

Sedangkan beracun merupakan organisme yang mengeluarkan zat beracun saat disentuh, dipegang dan memakan organisme tersebut. Oleh sebab itu ular disebut beracun bukan berbisa karena ular mengeluarkan bisa dengan sendirinya. 

Namun ada satu jenis ular yang dikatakan beracun yaitu ular garter. Karena ketika kamu mencoba mengkonsumsi ular garter akan terkena efek racun yang ada di dalam tubuh ular garter.

Adapun kategori hewan beracun sebagian besar ada pada hewan amfibi. Contoh yang banyak kita ketahui bersama yaitu kodok, katak dan salamander. Hewan tersebut berbahaya jika dikonsumsi. Karena mereka menimbun racun dan bahan kimia di kulitnya, racun itulah yang dapat berbahaya jika dikonsumsi  bahkan mematikan. 

Itulah perbedaan hewan beracun dengan hewan berbisa. Semoga kamu bisa membedakannya ya sobat komunitas. 

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    Firman_Gundul

    Kamis, 18 November 2021 | 16:47 WIB

    oww beda di proses jg ya

    • Yakin ingin menghapus komentar ini?

      RisawakSarsavati

      Kamis, 18 November 2021 | 17:14 WIB

      singkat nya seperti itu bang

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    Calista08

    Kamis, 18 November 2021 | 17:13 WIB

    tp ada yang jual kodok buat dimakan deh