Punya Segudang Manfaat, Ini 5 Tips Mudah Menanam Lemon dari Bijinya


Pernahkah terpikirkan oleh mu untuk memulai menanam kembali dari makanan sisa yang kita konsumsi?

Dengan menanamnya kembali kamu bisa menjadi lebih hemat karena tidak perlu membelinya lagi. Kamu bisa mencoba menanam dari bonggol sawi, biji alpukat, biji cabai hingga biji lemon.

Kali ini akan membahas bagaimana tips menanam lemon dari bijinya.

1. Keluarkan bijinya

Untuk memudahkan saat menanam, kamu harus mengeluarkan biji lemon terlebih dahulu. Hati hati saat mengeluarkan bijinya, jangan sampai biji ikut terpotong. Pemisahan kulit luar biji lemon ini juga dilakukan agar biji buah terbebas dari daging buah dan gula, yang bisa memicu pertumbuhan jamur pada biji.

2. Semai biji

Setelah biji lemon sudah bersih dari kulit luar, selanjutnya kamu harus melakukan semai biji. Dengan cara menyiapkan tisu yang sudah dibasahi dan taruh di dalam wadah yang tertutup.

Taruh biji di atas tisu yang basah, lalu tutup wadah rapat-rapat. Diamkan selama dua hari hingga biji lemon berkecambah. Jika sudah siap bisa langsung dipindahkan ke dalam polybag.

3. Proses tanam

Sebelum dipindahkan, kamu harus pastikan biji lemon sudah berkecambah. Tanam biji buah lemon ke dalam polybag atau pot dengan cara menyusun empat sampai lima biji buah lemon. Sedikit tekan biji buah lemon agar biji buah tertanam dengan sempurna dan tidak bergeser.

4. Perawatan

Dalam perawatannya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiramnya dengan rutin. Jangan biarkan tanah terlalu kering dan terlalu basah. Tanah harus memiliki kelembapan yang cukup. Berikan pupuk susulan umumnya ketika 6 bulan sekali, namun bisa disesuaikan dengan kondisi tanaman.

5. Panen

Untuk proses panen sebetulnya cukup lama nih sobat komunitas, tapi sangat worth it untuk ditunggu. Panen lemon yang ditanam dari biji, biasanya membutuhkan waktu 3-5 tahun hingga berbuah. 

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    DiditWidiyawanti

    Selasa, 11 Januari 2022 | 16:04 WIB

    mudah juga ternyata

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    Tatank_Bayem

    Rabu, 12 Januari 2022 | 17:04 WIB

    mantep betul