Anti Ribet! 8 Langkah Mudah Menanam Toge di Rumah

Toge atau tauge adalah kecambah yang berasal dari biji kacang hijau atau kacang kedelai. Toge memiliki bentuk kecil dan memiliki harga yang cukup murah. 

Meski begitu toge memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Toge sendiri mengandung vitamin B, C, K, folat, kalium dan lain sebagainya. 

Untuk mencoba menanam tauge sebetulnya tidak sulit, kamu hanya butuh 8 langkah saat menanam toge.

Berikut 8 langkah mudah menanam toge.

  • Pertama

Siapkan botol kaca atau botol plastik yang cukup lebar. Sterilkan dengan sabun dan air panas untuk menghilangkan kotoran dan pastikan tidak ada bakteri jahat dan jemur yang tumbuh bersama toge. Keringkan wadah dengan handuk bersih dan taruh di atas meja.

  • Kedua

Selanjutnya pilih benih dengan menggunakan hampir semua kacang utuh dan kering, legum, atau biji untuk membuat toge. Pilihan umm adalah kacang hijau atau moong tetapi pilihan lain termasuk kacang hijau, kacang kedelai, biji bunga matahari dan biji gandum.

  • Ketiga

Beri takaran sekitar 100 gram kacang dan tuangkan ke dalam mangkuk bersih. Cuci kacang dengan menambahkan air lalu aduk. Masukkan kacang ke dalam saringan lalu tiriskan airnya, ulangi hingga mendapat air yang benar-benar jernih.

  • Keempat

Isi wadah dengan seperempat bagian penuh dengan air bersuhu ruang. Sisa celah ini akan memberi ruang untuk kecambah mulai tumbuh. Juga berikan udara yang mengalir melalui toples atau wadah. Letakkan handuk bersih atau kain katun tipis di atas mulut toples dan kencangkan dengan karet gelang.

  • Kelima

Diamkan toples diatas meja dan rendam kacang. Biji-bijian yang lebih kecil hanya butuh waktu 3 jam perendaman. Sedangkan kacang yang lebih besar seperti buncis harus dibiarkan semalaman penuh.

  • Keenam

Setelah biji mulai membesar sekitar 2 kali lipat, bukalah penutupnya lalu tiriskan airnya. Tutupi kacang dengan air dan siram air di sekitar toples untuk mencucinya. Kuras kembali airnya. 

  • Ketujuh

letakkan toples ditempat teduh dan jangan biarkan tanaman toples terkena cahaya matahari. Lindungi toples dengan meletakan di dalam ruangan gelap dan tutupi dengan kain hitam.

Buka toples dua kali sehari dan berikan air pada bagian kain. Lakukan ini selama sekitar enam hari, sampai kecambah mencapai ukuran penuhnya. Kebanyakan kecambah akan siap dipanen dalam dua hingga enam hari. 

  • Delapan

Langkah delapan adalah saatnya panen. Pastikan kamu melepas kainnya, masukkan kecambah ke dalam saringan dan bilas selama beberapa menit. Keringkan kecambah dengan tisu dapur dan mulailah memasak.

Kamu bisa memakannya mentah jika suka, tetapi ada banyak resep untuk mengolahnya. Pastikan untuk menyimpannya di lemari es dalam wadah kedap udara, dan hanya menyimpannya selama dua hingga tiga hari.

 

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    DiditWidiyawanti

    Rabu, 12 Januari 2022 | 16:45 WIB

    mahal nih

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    SatuWahid

    Rabu, 12 Januari 2022 | 17:06 WIB

    wajib coba sih ini