Inilah Rahasia Panen Buncis Meningkat Pesat

Rahasia dibalik panen buncis yang melimpah adalah pemupukan hayati. Saat pengolahan lahan berikan pipil dasar dan gunakan pupuk organik yang ditambah dengan microb dan pupuk hayati. Dimana pupuk hayati ini berperan penting dalam budidaya buncis.

Cuaca
Faktor keberhasilan lainnya adalah cuaca, dimana cuaca sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Meski begitu kamu harus pintar-pintar menyiasatinya, dengan begitu tanaman buncis akan berhasil ditanam. 

1. Pengolahan tanah
Bajak tanah yang akan digunakan sebagai media tanam. Setelah dibajak, berikan pupuk dasar lalu lakukan plotting sesuai ukuran bedengan. Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan setelah tanah digacar atau dibajak.

2. Penanaman
Penanaman dilakukan dengan menanam setiap lubang tanam diisi 2-3 biji. Umumnya 2 biji sudah cukup. Untuk menghindari serangan hama tanah, berikan insektisida.

3. Perawatan
Pengairan: Untuk pengairan sebaiknya diberikan secukupnya sesuai dengan kondisi tanaman. 
Hama dan penyakit: Hama dan penyakit pada tanaman buncis muncul bergantian seiring dengan pertumbuhan tanaman. Aplikasikan insektisida bahan aktif untuk mencegah dan mengusir hama dari tumbuhan.
Pemupukan: Lakukan pemupukan susulan untuk membantu mengatasi hama dan penyakit yang menyerang.

4. Panen
Buncis sudah siap panen saat sudah memasuki usia 45 hst untuk tipe tegas, dan 6o hst untuk tipe rambat. Masa panen berlangsung selama kurang lebih 30 hari. Pemanenan dapat dilakukan setiap 3 hari sekali.

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    DeniBotak

    Rabu, 19 Januari 2022 | 16:16 WIB

    sama nih bro sya jg lg nanem buncis, goodluck for us

    • Yakin ingin menghapus komentar ini?

      PratamaRahman

      Rabu, 19 Januari 2022 | 16:16 WIB

      waahh goodluck bro????