Cara Menanam Mangga di Halaman Biar Cepat Berbuah

Mangga adalah buah yang banyak disukai oleh masyarakat. Jenis mangga sangat beragam, mulai dari yang manis, sedikit asam, bertekstur lembut, sampai yang mempunyai serat.

Dari ragam jenis mangga kamu bisa belajar budidaya mangga sendiri. Bahkan kamu bisa menanamnya di halaman rumahmu. Sebab mangga mengandung banyak nutrisi untuk tubuh.

Begini cara menanam mangga di halaman.

1. Persiapan lahan

Sebelum menanam mangga, siapkan lahan untuk menanam. Pohon mangga akan tumbuh dengan baik di tanah yang gembur dan subur dengan pH tanah 5-6,5. Selain itu pohon mangga bisa tumbuh maksimal di ketinggian 300-500 mdpl. 

2. Semai biji mangga

Sebelum disemai, benih mangga sebaiknya disiram dengan larutan pupuk organik cair selama 2-3 jam. Hal ini bertujuan untuk mempercepat keluarnya tunas baru dan mencegah benih berpenyakit.

Tanam biji mangga dengan bagian perut menghadap ke bawah dengan kedalaman setebal biji tengkurap. Lalu tanam pohon naungan di tengah bedengan dengan jarak tanam 1,5 m gunakan tanaman turi. Selanjutnya tutup bedengan menggunakan jerami dengan tebal 3 cm.

3. Pemindahan bibit ke media tanam

- Pastikan proses ini dilakukan saat pagi atau sore hari
- Cabut bibit yang sudah bertunas secara perlahan
- Pindahkan bibit secara perlahan sedalam leher akar pada lahan tanam
- Tekan secara perlahan dan tutup menggunakan tanah

4. Pemupukan

Proses selanjutnya adalah memupuk pohon mangga untuk menunjang pertumbuhannya. Lakukan pemupukan saat pohon berusia muda, dengan menaburkan granule bio organik sebanyak 500 gr/pohon setiap 1 bulan sekali. Selanjutnya ketika pohon berusia dewasa dengan menaburkan granule bio organik sebanyak 500 gr/pohon setiap 3 bulan sekali. Pemupukan saat mangga berusia 8-10 tahun, berikan GDM black bos dengan takaran 5 kg per ha setiap 6 bulan sekali.

6. Panen mangga 

Tanaman mangga biasanya mulai berbunga setelah berumur 3 – 4 tahun setelah tanam. Proses pembuahan terjadi pada pertengahan bulan Agustus – Desember. Sebaiknya saat panen buah mangga disesuaikan dengan kebutuhan pasar, mangga dapat dipanen muda, cukup tua dan hampir matang. Ciri-ciri buah mangga yang sudah tua adalah kulit buah berubah warna menjadi hijau tua atau kebiruan. Apabila untuk konsumsi sendiri sebaiknya dibiarkan masak pohon karena rasanya lebih manis.

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    UsmanSingel

    Rabu, 19 Januari 2022 | 16:18 WIB

    keren bet dah