Inilah Cara Menanam Wortel dari Bibit Fertil Maupun Steril

Wortel adalah sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, masih banyak lagi manfaat yang diperoleh dari wortel.

Wortel termasuk sayuran bernilai ekonomis penting di dunia, sehingga menjadi salah satu komoditas utama dalam perdagangan antar negara. Dalam produksinya, sayuran wortel dapat dijadikan bahan baku pembuatan tepung, keripik, dan makanan kalengan yang diproduksi skala pabrik.

Maka dari itu kamu bisa mencoba menanam wortel dari bibit fertil dan steril.

1. Lakukan pengecekan lingkungan sekitar

Wortel bisa tumbuh di daerah yang berada di 1000-1500 mdpl. Sayuran ini membutuhkan tanah yang subur dan gembur untuk bisa tumbuh dengan baik. Tanaman ini tahan terhadap suhu dingin. Oleh karena itu, wortel lebih baik ditanam di wilayah dataran rendah.

2. Pemilihan benih wortel

Sebelum menanam wortel pastikan kamu memilih bibit unggul yang sesuai dengan kebutuhan. Bibit wortel unggulan biasanya bibit fertil dan bibit steril. Bedanya bibit fertile dapat dibudidayakan kembali dengarkan bibit steril tidak bisa dibudidayakan kembali. 

Selanjutnya kamu bisa menyeleksi bibit dengan cara menggosok bibit, agar bibit wortel tidak menyatu. Selanjutnya kamu bisa merendam benih selama semalaman di tempat yang terlindungi hingga benih mengeluarkan kecambah.

3. Siapkan media tanam

Gunakan media tanam yang kamu miliki, bisa pot atau polybag. Pastikan pot dan polybag memiliki kedalaman 30-40 cm. Buatlah lubang pada pot untuk bibit wortel dan berikan jarak sekitar 3-4 cm per lubang tanam. Isi setiap lubang dengan 2 bibit wortel.

4. Perawatan

Dari segi perawatan terbilang mudah, kamu hanya perlu menjaga kelembapan tanah. Tanaman wortel harus selalu terkena sinar matahari yang cukup. Berikan pupuk organik untuk mendukung pertumbuhannya. Bersihkan rumput dan gulma yang muncul agar tidak menghambat pertumbuhannya.

5. Saatnya panen

Tanaman wortel dapat tumbuh hingga 8 cm baru wortel siap dipanen. Berhati-hatilah saat memanen apalagi jika kamu menggunakan bibit fertil. Agar tanaman wortel bisa dipanen kembali jangan sampai tumbuhannya rusak.

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    SatuWahid

    Jumat, 21 Januari 2022 | 16:43 WIB

    bisa juga yaa jd banyak pilihan nih

    • Yakin ingin menghapus komentar ini?

      HanungKece

      Jumat, 21 Januari 2022 | 16:44 WIB

      mantap bro