Cermati! Begini Cara Bedakan Burung Lovebird Jantan dan Betina

Burung lovebird dikenal sebagai burung yang memiliki ukuran tubuh yang keci dengan corak warna bulunya yang indah. Burung ini juga memiliki keistimewaan pada suaranya. Ngeek, begitu bunyinya.

Suara burung lovebird sering diikutsertakan lomba oleh para pemiliknya. Oleh karena itu, perlombaan suara burung lovebird sudah banyak diselenggarakan.

Burung lovebird  mulai digemari oleh banyak orang, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai ladang usaha atau bisnis yang cukup menjanjikan.

Maka dari itu, tak sedikit orang yang mulai mengembangbiakkan burung kecil dengan bulu-bulu yang indah ini. Akan tetapi, mengembangbiakkan burung lovebird tentu dibutuhkan pengetahuan dalam membedakan mereka yang jantan dan betina.

Lantas bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa perbedaan antara lovebird jantan dan betina.

1.  Bentuk Paruh

Perbedaan yang mudah ditemukan ada pada bentuk paruh mereka. Paruh lovebird jantan biasanya berbentuk lebih runcing dan cenderung kecil. Sementara lovebird betina memiliki paruh yang tumpul, melebar dan besar.

2.  Ukuran Tubuh

Jenis kelamin lovebird juga dapat dibedakan dari ukuran tubuhnya. Tubuh lovebird jantan cenderung lebih kecil dibandingkan lovebird betina. Perbedaan juga dapat ditemukan dari bentuk kepala. Jika dilihat dengan teliti, kepala lovebird jantan berbentuk cepak dan lovebird betina berbentuk melengkung.

3.  Lubang Hidung

Meniup bagian hidung lovebird juga bisa digunakan sebagai cara membedakan lovebird jantan dan betina. Jika lubang hidung lovebird berbentuk lonjong, artinya lovebird berjenis kelamin jantan. Sebaliknya, jika berbentuk bulat lebar, lovebird tersebut adalah betina.

4.  Bentuk Sayap

Jika ujung sayap berbentuk menyilang dan tindih menindih satu sama lain, artinya itu adalah lovebird jantan. Sementara lovebird betina memiliki ujung sayap yang sejajar dan tidak menyilang.

5. Bentuk Ekor

Perbedaan juga dapat dilihat dari bentuk ekor lovebird. Lovebird jantan memiliki bentuk ekor yang cenderung runcing, sedangkan ekor lovebird betina lebih rata dan lebar.

6.  Lingkar Klep Kacamata

Klep kacamata adalah bagian putih di sekitar mata. Meski sulit terlihat, namun ini tetap dapat ditemukan sebagai alternatif dan memastikan jenis kelamin sang lovebird.

Lovebird jantan memiliki lingkar klep kacamata berbentuk oval atau lonjong. Sedangkan lovebird betina memiliki lingkar klep yang bulat.

7. Bentuk Anus

Jika bentuknya kecil dan terlihat seolah menonjol, itu adalah milik lovebird jantan. Lovebird betina memiliki anus yang lebih lebar dan terlihat rata.

9. Cara Bertengger

Ukuran lovebird betina memang lebih besar daripada yang jantan. Namun ketika bertengger, lovebird jantan akan terlihat lebih besar.

Hal ini dikarenakan lovebird jantan bertengger dengan kaki yang agak merapat. Sedangkan kaki lovebird betina bertengger dengan kaki yang dilebarkan sehingga terlihat lebih kecil dan pendek.

 

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    BocahTuaNakal

    Jumat, 1 April 2022 | 21:34 WIB

    menarik informasinya! terima kasih banyak

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    IdoBersihSehat

    Jumat, 1 April 2022 | 21:34 WIB

    one day mau punya burung ini..