Inilah Beberapa Mitos Burung Kutilang Emas

Di Indonesia, hampir semua hal memiliki mitos tersendiri, tidak terkecuali hewan. Seperti burung yang satu ini, kutilang emas. Konon jika seseorang memelihara burung ini di rumah, mereka akan kedatangan banyak rezeki.

Benarkah demikian? Terlepas dari benar atau tidaknya anggapan tersebut, beberapa mitos dalam memelihara burung kutilang emas menarik untuk dibahas.

Burung kutilang emas memang bukanlah binatang yang banyak dipelihara di rumah-rumah, karena kicau yang dikeluarkan burung ini tidak begitu bagus.

Meski demikian, ternyata masih ada sebagian orang yang tetap memelihara burung kutilang emas. Selain karena menyukai burungnya, memelihara burung ini juga didukung mitos baik yang konon membuat pemiliknya beruntung.

Beberapa Mitos Burung Kutilang Emas

1. Banyak Rezeki

Sebagian orang memercayai bahwa burung kutilang emas mampu membawa rezeki bagi pemilik dan orang-orang yang tinggal di rumah dimana mereka dipelihara. Hal ini karena nama 'emas' pada burung yang mengacu pada warna keemasan pada tubuh burung.

2. Menjaga Pemilik Rumah

Mitos kedua yang dipercaya juga diambil dari nama 'emas' sang burung. Dianggap memiliki arti 'bernilai dan berharga', sehingga dikaitkan dengan keamanan dan kesejahteraan.

Banyak pemilik burung kutilang emas percaya bahwa dengan memelihara burung ini, dapat menjaga dan melindungi mereka dari hal-hal buruk. Namun, belum ada bukti konkret mengenai hal ini sehingga banyak orang menganggap hal ini hanya mitos saja.

3. Membuat Pemilik Disegani

Konon dengan memelihara burung ini dapat membuat sang pemilik tampak berwibawa, sehingga disegani oleh banyak orang. Disegani dalam hal ini mengartikan orang-orang sekitar akan berperilaku lebih baik, lebih sopan, dan lebih ramah kepada sang pemilik burung.

Sama seperti asal mitos sebelumnya, hal ini terjadi karena kata 'emas' pada burung kutilang yang dianggap bernilai tinggi.

4. Dapat Memberikan Kesehatan

Konon burung kutilang emas yang dipelihara dapat membawa kesehatan pada pemiliknya. Banyak orang percaya cara untuk menangkal penyakit dan membuat orang tetap sehat nan kuat adalah dengan memelihara burung kutilang emas di rumah.

5. Disanjung dan Dicintai Banyak Orang

Hampir semua orang tentunya ingin mendapatkan pujian dan sanjungan dari orang lain. Konon, memelihara burung kutilang emas dapat membuat sang pemilik bisa dengan mudah mendapatkan banyak sanjungan dan pujian. Mitos ini sudah cukup populer dan menyebar di masyarakat Indonesia.

Selain dipuji dan mendapat sanjungan, burung kutilang emas dianggap juga bisa membuat pemiliknya mudah dicintai orang lain. Dimitoskan bahwa mereka yang memelihara burung ini akan mendapatkan banyak cinta, tidak hanya dari pasangannya, juga dari keluarga, orang terdekat, dan kerabatnya.

 

Mitos sudah melekat dalam keseharian masyarakat Indonesia, mitos burung kutilang emas juga sudah cukup menyebar dan menjadi salah satu faktor mengapa banyak orang tertarik memelihara burung ini.

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    Natasha

    Senin, 4 April 2022 | 09:44 WIB

    Indonesia nggak pernah lepas dari mitos

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    RuhilFaisal

    Senin, 4 April 2022 | 09:47 WIB

    bener nih, tetangga saya pelihara burung kutilang emas karna percaya sama mitos-mitosnya. cuma sampai sekarang belum cukup terbukti sih..