Siapa Sangka! Ternyata Kulit Pisang Dapat Dikonsumsi, Ini Beberapa Cara Mengolahnya

Siapa yang tidak kenal dengan pisang? Buah yang dikenal luas di Indonesia. Buah berwarna kuning ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, di antaranya dimakan langsung, digoreng, dikukus, dijadikan jus, atau dijadikan sebagai bahan tambahan (topping).

Selama ini, buah pisang hanya diolah dan dimakan dagingnya saja. Namun siapa sangka bahwa kulit dari buah satu ini ternyata juga dapat dikonsumsi, lho. Meski belum populer, kulit buah pisang sudah mulai dikonsumsi di beberapa negara, salah satunya India.

Sama halnya seperti daging buah pisang, kulit pisang menghadirkan banyak kandungan nutrisi seperti; potasium, asam amino esensial, serat, lemak tunggal tak jenuh, vitamin C, vitanmin E, vitamin B6 dan B12, magnesium, dan potasium.

Memilih dan Mengolah Kulit Pisang

Dalam memilih kulit pisang yang akan dikonsumsi, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini.

-Pastikan memilih kulit pisang dengan kondisi buah yang sudah matang. Jika kulit pisang yang digunakan masih berwarna hijau alias belum matang, proses mencerna kulit pisang akan lebih sulit.
- Perhatikan kulit pisang. Pastikan memilih kulit pisang yang utuh tanpa ada bagian yang terbuka. Karena jika ada bagian yang terbuka, dikhawatirkan itu menjadi tempat masuknya kontaminasi.
- Kulit pisang merupakan bagian yang terpapar pestisida. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencuci kulit pisang terlebih dahulu. Atau pilih kulit pisang yang ditanam secara organik.

Cara Mengolah

1. Masak

Untuk membuat tekstur kulit pisang lebih lunak dan mudah dikonsumsi, kulit pisang dapat dimasak dengan cara direbus, digoreng atau dipanggang. Bagi para vegetarian, kulit pisang dapat dijadikan pengganti bacon atau daging pada menu seperti sandwich atau kebab.

2. Blender

Kulit pisang dapat diblender bersama buah atau sayuran lainnya menjadi smoothies. Agar rasanya lebih manis, Pilih kulit pisang dari buah yang sudah matang. Perlu diperhatikan, bahwa ada sayuran atau buah yang tidak dianjurkan untuk diolah secara bersamaan.

3. Air Rebusan

Dalam membuat air rebusan kulit pisang, dapat menambahkan bubuk kayu manis sebagai penlengkap rasa.

Kupas pisang dari kulitnya, potong dengan ukuran sedang dan masukkan ke dalam air mendidih. Saring air rebusan kulit pisang ke dalam cangkir dan taburi dengan bubuk kayu manis ke dalam air rebusan. Waktu terbaik mengonsumsi air rebusan ini adalah satu jam sebelum tidur.

Air rebusan kulit pisang ini bernutrisi karena kaya akan mineral seperti potasium, magnesium, dan vitamin B6.

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    RabaniaBermis

    Kamis, 7 April 2022 | 19:25 WIB

    wahhh nyesel banget baru tau ini sekarang. but thank for information!

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    JekJon

    Kamis, 7 April 2022 | 19:26 WIB

    wih boleh banget nih dicoba, mana banyak manfaatnya lagi. terima kasih!

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    PungkasTipsea

    Kamis, 7 April 2022 | 19:27 WIB

    oh iya? kulit pisang bisa dikonsumsi? baru tau