Ingin Cupang Dapat Hdup Lama? Perhatikan 4 Hal Berikut!

Ikan cupang telah menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling diminati di pasaran. Banyak masyarakat yang memilih mengalihkan kejenuhan dengan memelihara ikan ini. Selain karena warna nya yang cantik, perawatan ikan cupang juga tergolong mudah.

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui soal berapa lama ikan cupang dapat hidup. Umumnya, seekor ikan cupang yang tinggal di dalam akuarium bisa hidup selama sekitar 3 sampai 5 tahun. Namun, usia hidup sang ikan juga tergantung dari bagaimana sang pemilik merawatnya.

Merawat ikan cupang dengan harapan mereka dapat hidup lama tentu menjadi keinginan para pemelihara ikan ini. Lantas, bagaimana caranya membuat ikan cupang dapat hidup lebih lama? Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan.

1. Gunakan Akuarium Besar

Meskipun ikan cupang dikenal bisa bertahan hidup di wadah yang kecil, itu tidak berarti bahwa ikan dapat selamanya tinggal di sana. Jika melihat pada habitat asli ikan cupang seperti sawah, jelas akuarium dengan ukuran kecil tidak cocok dijadikan rumah sang ikan.

Diperlukan akuarium berukuran agak besar agar cupang dapat hidup nyaman, bahagia, sehat, dan memiliki umur yang panjang tentunya.

Jika ingin ikan cupang hidup selama mungkin, pastikan menempatkannya ke akuarium yang berukuran minimal 5 galon. Apabila cupang ditempatkan dalam wadah yang lebih kecil dari ukuran tersebut, mereka bisa mulai tertekan dan bosan. Belum lagi fakta bahwa kondisinya akan berfluktuasi jauh lebih liar di wadah yang lebih kecil.

2. Gunakan Heater dan Filter

Suhu air yang terlalu dingin dapat membuat ikan cupang mudah terserang penyakit sehingga mempersingkat umur mereka.

Heater berfungsi dalam menjaga suhu air tetap berada pada kisaran 24 sampai 27 derajat celcius. Suhu air hangat yang ideal sesuai dengan habitat asli ikan cupang.

Sedangkan filter berfungsi untuk menyaring kotoran yang mengapung di air dalam akuarium. Juga, filter berperan menyaring semua amonnia dan racun lainnya yang ada di dalam air.

3. Jaga Kualitas Air

Mengandalkan filter saja tentu tidak cukup. Sebagai pemilik, mereka juga perlu memperhatikan kebersihan air. Dalam meningkatkan kesehatan ikan cupang agar cupang dapat bertahan hidup lebih lama, kebersihan air merupakan faktor penting.

Pada wadah berukuran kecil, air harus diganti setidaknya dua hari sekali. Sedangkan untuk wadah besar, harus mengganti 25 persen air atau setidaknya satu kali dalam sebulan.

4. Pisahkan Ikan

Jika memiliki beberapa ikan cupang berkelamin jantan, sebaiknya pisahkan para jantan-jantan tersebut. Memang terdengar sepele, namun sebenarnya ini merupakan hal yang sangat penting.

Mengingat ikan cupang jantan bersifat agresif dam teritorial. Jika terdapat lebih dari satu cupang jantan dalam wadah yang sama, kemungkinan besar mereka bertarung melukai satu sama lain atau bahkan mati karena tidak ada tempat melarikan diri.

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    Hutasoit

    Rabu, 13 April 2022 | 14:28 WIB

    waaah berguna banget informasinya nih, terima kasih

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    VeriVender

    Rabu, 13 April 2022 | 14:28 WIB

    iya nih bener, berguna banget filter dan pemanas

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    Ucok_Bukan_Batak

    Rabu, 13 April 2022 | 14:30 WIB

    ada jenis cupang yang peluangnya tinggi untuk hidup lama nggak yah?