Begini Cara Mengatasi Kucing Adopsi yang Ketakutan

Pernahkah cat lover menghadapi kucing adopsi yang memiliki rasa takut berlebih. Sama seperti manusia, kucing juga memiliki karakter yang berbeda. Kucing juga memiliki tingkah laku yang berbeda-beda. 

Ketakutan yang terjadi pada kucing biasanya muncul saat kucing sedang ada pada kondisi bahaya. Atau bisa jadi kucing memiliki trauma yang membuatnya menjadi penakut. Apalagi saat kamu ingin mengadopsi kucing kamu harus betul-betul mempelajari karakteristiknya. 

Wajar jika kucing adopsi memiliki rasa takut saat pertama kali datang ke rumahmu. Bagaimanapun juga ia harus beradaptasi dahulu dengan lingkungan barunya. 

Untuk kamu yang merasa bingung bagaimana cara menjinakkan kucing adopsi. Begini cara mengatasi kucing adopsi yang ketakutan.

1. Kenalkan sedini mungkin 
Sebetulnya kamu bisa membentuk karakter hewan yang dimulai sejak dini. Kamu bisa mencari kucing adopsi yang berusia 3 minggu atau 1 bulan. Mengapa pada usia tersebut, karena pada usia tersebut indera yang berfungsi dan peka adalah pendengaran dan penciuman. Di usia tersebut kucing belum memiliki rasa takut, yang ada hanya rasa penasaran. 

2. Kenalkan dengan lingkungan atau benda yang baru
Saat kucing baru menginjakkan kakinya di rumahmu kemungkinan besar ia akan merasa takut. Kamu bisa mengajaknya berkeliling dengannya untuk memberitahu kondisi rumah. Mengenalkan dimana ia akan tidur, tempat makannya dan juga litter box untuknya buang air. Cara ini harus dilakukan secara bertahap untuk membuat kucing merasa nyaman. 

3. Biarkan ia bersembunyi
Ketika kucing merasa takut besar kemungkinan ia akan berlari dan bersembunyi. Saat ia takut dan bersembunyi kamu harus membiarkannya bersembunyi, jangan memaksakan saat ia merasa takut. Biarkan ia merasa tenang dengan bersembunyi, kamu bisa menaruhnya di dalam kandang yang ditutupi dengan kain agar gelap. 

Itulah langkah yang bisa kamu lakukan saat mendapati kucing yang baru kamu adopsi merasa ketakutan. Jangan memaksakan saat kucing merasa takut denganmu, biarkan perlahan ia mempelajari majikan dan tempat tinggal barunya. 

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    DragonSlayer

    Minggu, 5 Desember 2021 | 20:33 WIB

    jgn  maksaa 

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    FahmiHidayat

    Minggu, 5 Desember 2021 | 20:37 WIB

    butuh adaptasii

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    anugerah trihatmojo

    Senin, 6 Desember 2021 | 17:06 WIB

    mungkin dia pemalu